RSS

Rabu, 21 Oktober 2009

PERAWATAN RAMBUT

MERAWAT KESEHATAN DAN KEINDAHAN PADA RAMBUT

Aktifitas yang padat sering kali menjadi kendala utama bagi untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Padahal, kondisi rambut yang sehat merupakan salah satu factor pendukung aktifitas. Stress dan tingkat polusi yang tinggi dapat menyebabkan akar rambut (folikel) kurang mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga rambut rusak, kusam, rapuh, dan mudah rontok. Kondisi rambut akan semakin parah jika rambut sering terkena paparan zat kimia. Panasnya hairdryer dan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut membuat kelembapan alami rambut berkurang.

Perawatan rambut yang tepat dapat membuat rambut kembali indah, sehat, dan berkilau. Ada dua perawatan rambut, yaitu secara modern dan tradisional. Perawatan rambut secara modern merupakan perawatan yang memakai bahan-bahan dengan teknologi canggih. Perawatan tradisional adalah perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan dengan bahan-bahan alami saat ini cukup banyak diminati. Selain murah, perawatan ini juga cukup mudah dilakukan tanpa harus repot-repot ke salon.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut :

v Yoghurt

Yoghurt berfungsi untuk menutrisi rambut, dan dapat mencegah kerontokan. Penggunaan yoghurt secara rutin juga akan mencegah rambut cepat beruban. Caranya, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Hasilnya, rambut akan semakin bercahaya.

v Teh

Teh memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya uban, melindungi rambut dari paparan polusi, meningkatkan kilau rambut, menyejukkan kulit kepala , serta mengurangi rasa gatal dikulit kepala. Cara menggunakannya cukup mudah. Seduh teh dengan menggunakan air panas, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas. Hasilnya, uban akan berkurang dan rambut menjadi hitam berkilau.

v Kemiri

Kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu di sangria. Setelah itu tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas.

v Bawang merah

Bawang merah memiliki khasiat yang baik untuk mencegah rambut rontok. Caranya, cukup mudah, yakni dengan mengolesi kulit kapala dengan bawang merah yang sudah ditumbuk pada malam hari. Kemudian pada malam hari, bilas rambut dengan menggunakan shampo.

v Telur

Perawatan rambut dengan telur juga akan menambah kilau rambut. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengocok telut tersebut kemudian berikan tetesan jeruk nipis agar tidak bau amis, lalu oleskan ke rambut sebagai masker.

v Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang mampu melembutkan rambut yang kering dan rusak. Sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan rambut dengan lembut, mulai akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus dengan menggunakan rambut panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan shampo dan bilas rambut dengan air bersih.

v Alpukat

Bagi yang memiliki rambut kering, dapat menggunakan khasiat dari alpukat. Caranya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk hingga menjadi pasta kental. Kemudian aplikasikan pada rambut mulai akar hingga ujung rambut. Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampo, kemudian bilas hingga bersih.



SUMBER : KORAN SEPUTAR INDONESIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar