RSS

Rabu, 11 November 2009

PENTINGNYA MENGAJI PADA USIA DINI

PENTINGNYA MENGAJI PADA USIA DINI

Di jaman yang modern seperti ini, banyak orang tua yang lupa akan kewajibannya dalam mendidik anak-anaknya. Mungkin mereka hanya sebatas memberikan pendidikan sekolah saja,karena biasanya orang jaman sekarang ini lebih mengutamakan urusan duniawi. Apalagi sekarang dunia maya sedang berkembang dengan pesatnya, contohnya dari mulai friendster,facebook,game, dan sebagainya. Kini jumlah anak-anak yang berada di tempat-tempat warnet tersebut lebih banyak dari pada di tempat pengajian. Semestinya para orang tua dapat memberikan pendidikan yang balance antara duniawi dengan akhirat kelak. Misalnya dengan membatasi waktu untuk anak-anak mereka dalam sekolah, bermain, maupun mengaji.

Mengaji itu kalau menurut saya sendiri sangat penting, karena jika pendidikan yang kita dapat dari sekolah tidak akan kita bawa sampai ke akhirat nanti,tetapi jika mengaji atau ibadah yang lainnya selain memberikan pelajaran, ketenangan di dunia, juga akan membantu kita di akhir masa nanti. Harusnya pada usia anak sedini mungkin sudah di ajarkan mengaji, karena biasanya anak-anak itu lebih mudah dalam menangkap pelajaran dari pada orang dewasa. Apabila telah diajarkan dari kecil,itu semua akan menjadi pegangan untuk mereka apabila mereka ingin berbuat yang tidak wajar, setidaknya mereka telah mendapatkan pendidikan dari guru ngaji mereka dan tidak mungkin di lupakan begitu saja. Pendidikan itu akan menjadi pedoman bagi mereka dalam melakukan hidup ini,ada batasan-batasan yang harus mereka jaga ketika mereka melakukan sesuatu.


Maka dari itu ajarkan lah anak-anak, adik-adik, atau keponakan-keponakan kita untuk mengaji pada usia dini, sebagai bekal di akhir nanti. Tentunya harus seimbang dengan pendidikan duniawi. Mengaji pada usia dini rasanya lebih mudah bahkan lebih asik karena masa kanak-kanak itu masih penuh dengan keceriaan, jadi pastinya otaknya masih mudah mencerna pelajaran. Semoga 3 atau 4 th ke depan jumlah anak-anak yang berada di warnet bisa lebih sedikit dari pada di tempat pengajian. Mengajilah pada usia sedini mungkin.

Tidak ada komentar: