RSS

Selasa, 15 Desember 2009

PROBLEM WANITA

Masalah-masalah yang sering dihadapi oleh wanita adalah siklus haid, nyeri haid, gangguan pra haid, keputihan, dan problema setelah bersalin.

v Siklus Haid

Siklus haid yang normal adalah 28 hari, tetapi ada pula yang siklus atau masa kisaran haidnya setiap 25 atau 35 hari sekali, ini merupakan hal biasa dan tidak perlu dirisaukan.

Dalam setiap permulaan siklus, ovum menjadi matang di dalam ovarium. Akibat rangsangan hormon estrogen, lapisan darah baru akan terbentuk di dalam rahim. Saat pertengahan siklus haid, ovum dilepaskan dari ovarium. Ovum akan bergerak menuju rahim melalui saluran tuba fallopi (ovulasi). Pada masa ini, hormon progesteron akan di lepaskan untuk menambah ketebalan lapisan darah dalam uterus. Apabila ovum tidak di buahi oleh sperma ovum akan hancur dan di keluarkan tubuh, dan lapisan tebal darah di dalam uterus akan meluruh sebagai haid. Siklus haid mungkin terlambat atau tidak teratur jika mengalami gangguan emosi atau tertekan.

v Sakit saat Haid

Sakit atau nyeri haid merupakan masalah yang umum di alami wanita, terutama remaja yang baru mengalami haid. Sakit saat haid menimbulkan rasa kaku dan nyeri di bagian bawah perut dan bagian belakang. Nyeri haid terjadi karena saat haid hormon-hormon akan dilepaskan untuk mengerutkan otot rahim. Bila rahim terlalu di kerutkan pengaliran darah dan oksigen ke otot-otot menjadi kurang dan menyebabkan nyeri haid. Masalah nyeri haid ini akan berkurang seiring dengan meningkatnya usia.

v Gangguan pra Haid

Gangguan pra haid merupakan gangguan yang terjadi sebelum haid. Pada masa ini kebanyakan wanita mengalami perubahan pada tubuh dan pikiran mereka, ini termasuk sedih, pilu, resah, merasa tertekan, emosi mudah berubah-ubah dan sensitif. Mereka tidak bermiat dengan apa yang terjadi di sekeliling, suka menyendiri dan cepat marah. Biasanya tanda-tanda ini hanya terjadi beberapa saat saja saat haid.

v Keputihan

Keputihan serig terjadi pada wanita, sehingga penting mengetahui dan membedakan antara jenis keputihan normal dengan keputihan tidak normal atau penyakit. Keputihan normal terjadi pada beberapa hari sebelum haid, saat bergairah seks, stress atau pada masa menopause. Keputihan ini terdiri dari sel-sel tua yang meluruh dari dinding vagina, ataupun rembesan dari mulut rahim yang tujuannya untuk melindungi rahim dari jangkitan kuman. Biasanya, keputihan jenis ini tidak berbau dan berwarna jernih. Jika warna keputihan berubah dari jernih atau putih menjadi kuning atau kehijauan dan kental serta berbau busuk, juga terasa gatal pada bagian kewanitaan, ini merupakan keputihan yang berpenyakit. Syukurnya keputihan jenis ini biasanya tidak berbahaya dan akan sembuh dengan perawatan.

v Masalah setelah bersalin

Wanita hamil selama 9 bulan, dan bayi yang beratnya lebih kurang 3kg dilahirkan melalui pengerutan otot-otot rahim yang menyebabkan pembukaan servik

Kebanyakan wanita mengalami masalah setelah bersalin ini termasuk :

1. rasa sakit atau nyeri akibat otot-otot di bagian kewanitaan yang kembali ke ukuran semula

2. selera makan bertambah

3. sembelit

4. keluarnya cairan dari uterus

5. lesu

6. tidak dapat menahan buang air kecil

7. cedera dan berkurangnya elastisitas bagian kewanitaanwasir, yang terjadi akibat tekanan pada vena pelvik

SUMBER : PUTRI BINARI ( PRODUKSI PT.TENAGA TANI FARMA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar