RSS

Rabu, 06 Januari 2010

JAKARTA BANJIR LAGI..........

Musim hujan kini telah tiba, banjir pun dimana-mana bisa terjadi khususnya di kota Jakarta. Tidak adanya kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan menyebabkan banjir yang setiap tahunnya menjadi langganan di wilayah-wilayah Jakarta dan bahkan semakin besar kemungkinannya untuk meluas ke wilayah-wilayah yang tadinya tak tersentuh oleh banjir. Kurangnya penghijauan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir, penghijauan di kota Jakarta kini telah berganti menjadi gedung-gedung bertingkat, yang tentunya tidak bisa dijadikan serapan air ketika hujan turun. Minimnya penampungan air di kota ini menjadikan masyarakatnya kebal akan bencana banjir yang setiap tahunnya melanda Jakarta.

Di sekitar rumah saya misalnya, tempat saya tinggal merupakan salah satu tempat langganan banjir, apalagi kawasan utara yang dekat dengan laut, jika hujan tinggi dan di tambah pasangnya air laut maka banjir yang terjadi juga sangat tinggi. Kadang saya suka kesal sendiri dengan kejadian tiap tahunnya, kenapa sih masyarakat kita khususnya di Jakarta ini tidak pernah mau merubah kebiasaan-kebiasaan yang selama ini menyebabkan banjir. Sampah saja masih terlihat di kali-kali sekitar rumah saya. Kenapa sih kesadaran masyarakat kita sangat minim sekali?? Tak adakah niat untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk itu?! Setidaknya mulai lah dari yang kecil dengan tidak membuang sampah ke kali,menanam tanaman penghijauan disekitar rumah atau di sekitar kali agar ada resapan untuk air dari hujan yang turun.

Upaya pemerintah daerah juga tak serta merta dapat membebaskan kota Jakarta dari banjir, memang saya sering melihat di kali ada penggerukkan Lumpur, bahkan telah dua kali saya lihat,tapi tetap saja tidak membebaskan kami dari banjir. Mulailah dari dini untuk tidak membuang sampah sembarangan, membuat penghijauan di sekitar rumah, dan yang paling utama adalah tidak membuang sampah ke kali. Entah kapan kota Jakarta akan terbebas dari banjir yang setiap tahunnya datang ke kota ku yang tercinta ini???!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar